15 Game Online Nostalgia yang Buatmu Ketagihan dan Merasa Sepuh – Gamebrott.com – Gamebrott

Tidak terasa, era game-game online kini berkembang makin matang, bahkan hadirkan macam-macam variasi untuk para pemainnya. Meski ada bermacam-macam game, tentu ada Game Online Nostalgia yang buatmu ketagihan dan merasa sepuh ketika ingat gameplay-nya.
Pada kesempatan ini, kami ada beberapa deretan game online yang tentunya akan cukup menarik untuk kembali kamu ingat. Tentunya, ada bermacam-macam genre, dan variasi grafis yang tidak ‘itu-itu’ saja seperti zaman now yang jadikannya poin ekstra.
Inti dari sebuah game online biasanya tak jauh dari mencari teman, levelling atau bermain bersama untuk taklukkan konten yang ada. Bahkan, ada yang dapatkan belahan hatinya sampai ke jenjang pernikahan melalui game online, loh!
Nah, daripada makin penasaran, berikut adalah 15 Game Online Nostalgia yang buatmu ketagihan dan merasa sepuh ketika ingatnya.
Daftar isi
Buatmu yang kelahiran tahun 90’an tentu pernah coba game online yang merupakan MMORPG ini sepulang sekolah. Benar, Game Online Nostalgia yang termasuk ramai dimainkan pada masanya sudah barang tentu adalah Ragnarok Online.
Bila pemain biasa ‘hanya’ sekedar selesaikan quest, lain halnya dengan para sepuh yang aktif perkuat karakternya sampai mentok dan berdarah-darah. Mulai dari mencari kartu, entah untuk PvE maupun PvP, lakukan hidden quest, semua demi taklukkan konten yang ada.
Dulu, penulis cukup aktif mainkan game online ini sepulang sekolah bahkan sampai rela cabut. Yah, sekedar have fun bareng teman dengan cara yang berbeda setelah seharian bermain dan belajar di sekolah.
Menurut penulis, Ragnarok Online cukup membekas di hati karena saat tulisan ini ditulis, jadi teringat masa-masa sekolah yang penuh dengan diskusi seputar game ini. Membahas build ideal, kartu mana yang cocok untuk PvP dan PvE, sampai ‘nuyul’ untuk mencari ‘tambahan’ dari game tersebut, hehe.
Di urutan kedua Game Online Nostalgia yang tentunya buatmu merasa sepuh ialah SEAL Online. Konsep dari game online ini sebenarnya kurang lebih sama dengan Ragnarok Online, namun hadirkan visual yang lebih imut.
Teruntuk para sepuh, sudah barang tentu pasti ingat dengan punchline dari SEAL Online, yaitu ‘imi, ceti, koci’ yang berarti ‘imut, centil, kocak’. Berdasarkan pengalaman penulis, game ini termasuk populer di masanya yang masih usung model play-to-play. Yup, kamu gak salah dengar, untuk menikmati game-nya kamu harus ‘membayar’ ekstra di luar biaya warnet.
SEAL Online terbilang cukup berhasil dan ramai dimainkan pada masanya berkat visual 3D yang menurut penulis ‘luar biasa’ pada masanya. Setelah Ragnarok Online, game online ini termasuk yang ‘ditekuni’ oleh penulis berkat visualnya yang lebih fresh.
Bahkan sampai saat ini, tidaklah sedikit private server yang bertahan sampai saat ini berkat komunitasnya yang memang ‘mendukung’. Tidak sedikit pula yang rela investasikan modal demi jadi yang terkuat di server tersebut.
Selain dua gamenormies’ barusan, mungkin ada beberapa dari kalian yang sudah ketahui Game Online Nostalgia bernama Emil Chronicle Online. Ya, game online dengan visual anime dan satu ‘pabrik’ dengan Ragnarok Online ini miliki pasarnya sendiri.
Emil Chronicle Online tawarkan visual 3D dengan engine seadanya, namun termasuk memadai pada masanya. Selain buat nostalgia bila ingatnya saat ini, penulis yakin para sepuh yang mainkan game ini termasuk maso karena game ini cukup challenging.
Menurut penulis, game ini termasuk challenging karena butuh kombinasi bermacam class untuk benar-benar dapatkan output damage yang maksimal. Ditambah dengan mob yang cukup menyebalkan, karena kebanyakan akan ‘berinisiatif’ untuk menyerang karakter kita.
Namun di luar gameplay-nya yang cukup menantang, game ini termasuk cukup worth untuk dimainkan. Ibaratkan waktu yang telah kita investasikan berbuah manis untuk perkuat karakter yang kita gunakan.
Beralih ke game ber-genre FPS yang cukup kental dengan cheater-nya, Point Blank. Kendati demikian, bisa dikatakan Game Online Nostalgia ini berhasil dobrak dinding MMORPG yang selalu dominasi pasar.
Point Blank tawarkan gameplay yang terbilang sederhana, di mana kamu cukup arahkan dan tembak semua musuh yang ada. Meski penulis katakan ‘sederhana’, namun pada kenyataannya Point Blank pun diisi oleh cheater yang cukup meresahkan di masanya.
Selain cheater, game ini berhasil telurkan bermacam pro player yang sudah barang tentu sepuh akan tahu sosok tersebut. Dia adalah Alex Gunawan alias ‘Jinx Pro Amanda’ yang cukup ditakuti banyak pemain game online tersebut.
Sepengamatan penulis, game online ini kerap dimainkan oleh mereka yang tak suka dengan visual kartun yang biasanya ditawarkan. Rasanya, memainkan atau bahkan jadi top player di game online ini bolehkanmu ditakuti keberadaannya ketika melawan pemain lain.
Yang merasa sepuh dan old sudah barang tentu ‘khatam’ dengan Game Online Nostalgia yang satu ini. Lost Saga adalah salah satu game online terpopuler pada masanya berkat bisa dimainkan oleh siapapun, bahkan dengan spesifikasi kentang sekalipun.
Usung genre yang cukup unik, fighting, namun dibalut visual kartun yang cukup berhasil menarik minat botjah-botjah tempo dulu. Sepengamatan penulis, Wild West adalah salah satu map terpopuler untuk ajang adu skill (atau mekanik, sebutan gamers di zaman now).
Hal menarik dari Lost Saga terletak pada kombinasi gear yang bisa di mix-and-match sesuai preferensi dan style yang kita mau. Mulai dari reset cooldown, crowd control, aircombo, yang tentu akan berbeda-beda tergantung playstyle pemain. Rasanya, inilah yang buat Lost Saga termasuk sukses di masanya meski visualnya termasuk minimalis.
Game Online Nostalgia berikutnya yang cukup memiliki popularitas ialah Cross Fire, berkat dub Bahasa Indonesia, tawarkan kearifan lokal. Tawarkan genre FPS, Cross Fire coba lawan kompetitornya, namun tampaknya tak bisa. Meski demikian, game online ini memiliki keseruannya sendiri ketimbang kompetitornya Point Blank.
Penulis masih cukup ingat, di antaranya “Awas Ledakan!” dan “Granat Sinar!” yang terdengar cukup lantang dari speaker warnet. Diikuti dengan hujan peluru, dan sorakan antar pemain kala itu.
Mode Zombie adalah salah satu mode terfavorit, karena akan cukup seru ketika mainkan game yang tawarkan keunikannya sendiri.
Nah, buat para sepuh warnet, pasti takkan lupa dengan game online fenomenal bernama AyoDance. Ini adalah salah satu Game Online Nostalgia yang usung genre rhythm, terbilang cukup langka waktu itu. Kombinasi arrow keys dan spasi di keyboard adalah kunci kemenangan ketika memainkan game ini.
Hal lain yang buat AyoDance miliki keunikannya sendiri ialah sistem couple, di mana para pemain bisa jalin hubungan ‘serius’ antar pemain lain secara online. Jangan heran bila ada satu dua gamers di luar sana yang sampai ke jenjang pernikahan bermodalkan game AyoDance.
Salah satu musik yang cukup populer dan kerap diulang-ulang oleh pemain setia AyoDance ialah “Enggak Banget Deh – Flow”. Tentu itu semua berdasarkan observasi penulis di warnet sekitar, dan bisa berbeda tergantung domisili.
Beralih ke Game Online Nostalgia berikutnya, kami dapati Rising Force yang lebih dikenal dengan RF Online. Game online ini adalah MMORPG yang cukup disukai karena gameplay-nya yang cukup menantang dengan grafis ‘serius’.
Terdapat bermacam fraksi dan class yang bisa kamu manfaatkan untuk nikmati konten yang ada di game online ini. Selain dicap ‘seru’, tak sedikit gamers yang mainkan game ini demi dapatkan ‘tambahan’ sembari nikmati game online kesukaannya.
Ah, Gunbound, Game Online Nostalgia yang menuntut kesabaran dan skill. Gunbound adalah game shooter yang termasuk populer dan cukup seru untuk dimainkan, terlebih bila bersama teman-teman.
Tawarkan bermacam kendaraan untuk taklukkan musuh, game online ini cukup seru untuk dimainkan dan cocok untuk semua umur. Yang harus kamu lakukan adalah memastikan bahwa tembakanmu akan benar-benar tepat dan kalahkan musuh sebelum musuh yang kalahkanmu.
Berbicara Gunbound, penulis favoritkan Boomer karena tawarkan kepuasan ketika taklukkan musuh dengan tembakan yang ‘tidak masuk di akal’. Mulai dari backshoot, sampai dengan hookshot yang fenomenal dan menantang untuk dilakukan.
Grand Chase adalah salah satu Game Online Nostalgia yang buatmu ketagihan dan merasa sepuh ketika ingatnya. Grand Chase tawarkan permainan yang cukup simpel, namun masih fun dan rewarding ketika coba untuk seriusinya. Game online dengan genre platformer ini terbilang seru, bahkan sampai saat ini banyak private server bermunculan, tawarkan nostalgia.
Sebelum Lost Saga mengambil alih, Grand Chase adalah salah satu Game Online Nostalgia yang cukup populer dimainkan karena tawarkan konten yang menantang untuk ditaklukkan. Bahkan, ada bermacam-macam konten yang sampai kini masih dirasa cukup sulit diselesaikan, termasuk di antaranya kumpulkan orb untuk unlock karakter.
Di urutan Game Online Nostalgia berikutnya adalah Dragonica yang lebih dikenal dengan Dragon Saga pada beberapa negara. Kembali kita disuguhi game dengan visual kartun 3D berwarna-warni yang cukup menarik untuk dimainkan. Namun, jangan salah, karena meski imut, game online ini termasuk menantang, loh.
Dragonica tawarkan bermacam class sampai dengan race, yang tentu bisa kamu sesuaikan dengan playstyle dan preferensi. Di antaranya Warrior, Priest, Thief, dan Ranger yang tawarkan peruntukannya sendiri-sendiri, berikan kepuasan tersendiri.
Untuk sepuh yang benar-benar ‘sepuh’, sudah barang pasti telah mainkan game online bernama Counter Strike ini sebelum nikmati Counter Strike: Global Offensive. Benar, Game Online Nostalgia ini benar-benar terbukti tawarkan nostalgia yang boleh buatmu merasa old.
Counter Strike tawarkan bermacam senjata yang bisa kamu sesuaikan dengan preferensi, dan map yang cukup banyak. Bisa dimainkan di komputer super kentang sekalipun adalah kelebihan dari game online yang cukup populer di masanya ini.
GetAmped adalah Game Online Nostalgia yang usung genre fighting yang berjaya sebelum Grand Chase dan Lost Saga mendominasi. Grafis dari game ini terbilang ‘kotak-kotak’, namun tak kurangi keseruan yang didapat ketika berhasil kalahkan lawan dalam permainan dengan gaya.
Konsep dari GetAmped sendiri kurang lebih benar-benar mirip dengan apa yang ditawarkan Lost Saga, di mana para pemain harus kalahkan satu sama lain untuk menangkan match.
Kendati demikian, game GetAmped ini menurut penulis kurang populer dan kalah dengan game lain yang lebih terlihat colorful.
Nah, buatmu para pecinta olahraga golf namun inginkan game dengan visual anime sudah barang tentu akan menyukai Pangya. Rasanya, kami tak percaya bahwa Pangya adalah game keluaran tahun 2000’an yang kurang lebih sama dengan yang kami tulis di list ini. Visual yang benar-benar ‘niat’ terasa bedakan game ini dari game online lain pada umumnya.
Meski bukan penikmat olahraga golf, ketika dulu penulis coba mainkan game ini, tampak bahwa developer benar-benar ‘niat’ edukasi pemain seputar olahraga golf. Mulai dari pemilihan tongkat golf sampai dengan peruntukannya, membaca arah mata angin yang benar-benar terasa ‘mendekati’ olahraga asli.
Wajar bila ada yang katakan Pangya cukup sulit untuk dimainkan, namun semua ditebus dengan visual anime yang bisa dikatakan menarik. Karakter yang ditawarkan pun beragam, mulai dari yang ‘kecil’ sampai yang ‘besar’, semua tersedia. Kalau penulis sih, lebih menyukai Hana karena cukup low-profile dan gak terlalu stand out.
List Game Online Nostalgia yang seratus persen kami jamin buatmu merasa old, sepuh, dan ketagihan tentunya Dragon Nest. Meski genre game ini adalah MMORPG, namun dominasi dungeon dan eksplorasi berhasil buat banyak pemain cukup betah memainkan game online satu ini.
Banyak hal yang bisa kamu lakukan di game online ini, termasuk di antaranya menjadi trainer dari pemain-pemain baru. Menurut penulis, Dragon Nest berpotensi buatmu merasa sepuh dan kecanduan untuk menikmati bermacam class yang tersedia di dalamnya.
Nah, itulah dia deretan Game Online Nostalgia yang bisa kamu mainkan, atau ingat-ingat kembali sensasinya. Kira-kira, Game Online Nostalgia manakah yang jadi favoritmu? Yuk, share di bawah ini ya!
Baca juga informasi menarik lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Bima. For further information and other inquiries, you can contact us via [email protected]
Skin Ayaka dan Lisa – Bocoran terbaru bertebar dengan informasi skin terbaru untuk Lisa dan Kamisato Ayaka yang kabarnya akan…
Publisher Plug In Digital rilis sebuah trailer untuk game horor terbaru mereka, Lempo. Video tersebut berdurasi kurang dari dua menit,…
Kehadiran kartu grafis atau VGA terbaru kubu merah dirasa bakalan mampu untuk diadu mekaniknya. Namun, kini kubu merah alami masalah…
Setelah dikabarkan bahwa salah satu staff developer STALKER Volodymyr “Fresh” Yezhov tutup usia, kini GSC Game World mengumumkan trailer STALKER…

POWERED BY

Visit our GMA team:
Vietnam – EXP GG VN
Taiwan HK – EXP GG TW
Thailand – GamingDose
© 2022 Gamebrott Limiteed
© 2022 Gamebrott Limiteed

source