5 Dampak Positif Bermain Game, Dosen UM Surabaya Beri Penjelasan – detikcom

Kecanduan game bukan lagi fenomena baru. Minimnya edukasi terhadap permainan game menimbulkan stereotype buruk hingga memukul rata peminatnya untuk menjauhi kegiatan tersebut.
Padahal, game tidak melulu berkaitan dengan hal-hal buruk. Ketika seseorang bermain game dengan batas waktu yang normal dan tidak berlebihan, ada dampak positif yang akan ditimbulkan.
Mengutip dari laman resmi Universitas Muhammadiyah Surabaya pada Selasa (23/8/2022), Lukman Hakim selaku dosen Fakultas Teknik (FT) UM Surabaya memaparkan 5 dampak positif dari bermain game jika dilakukan dalam batas waktu normal. Berikut penjelasannya.
Dampak positif yang pertama yaitu rasa sportifitas untuk saling menghargai. Maksudnya, menghormati lawan ketika kalah atau menang. Setiap hasil permainan baik menang ataupun kalah, dapat membuat seseorang lebih siap menerima kekalahan tanpa rasa putus asa ataupun kemenangan dengan rendah hati.
Ketika bermain game, pastilah masing-masing orang memiliki strategi atau taktik khusus untuk memenangkan permainan. Nah, hal tersebut merupakan salah satu dampak positif dalam bermain game.
“Agar dapat mencapai kesuksesan dalam bermain game, dibutuhkan keahlian yang baik, taktik lebih dari satu dan harus peka untuk memecahkan kebuntuan. Maka dari itu, kita membutuhkan konsentrasi tinggi agar dapat melakukan hal tersebut,” tambah dosen FT UM Surabaya tersebut.
Dalam beberapa game, biasanya kerja sama tim dibutuhkan untuk meraih kemenangan. Oleh karenanya, mereka diharuskan berkomunikasi secara aktif dengan timnya untuk saling membantu dan mendukung dalam permainan.
“Semakin komunikasi kita baik di dalam permainan game, maka semakin kita akan saling mengerti satu sama lain,” kata Lukman.
Dampak positif lainnya yaitu membiasakan diri untuk multi aktivitas. Maksudnya, saat seseorang dibenturkan dengan pekerjaan yang melelahkan dan membuat kepalanya penat hingga pekerjaan tersebut tidak selesai, maka ia akan merasa tidak nyaman.
Lalu, ketika ia terbiasa bermain game makan dia akan mengambil sedikit waktu untuk beristirahat dan mengisi energi untuk melepas penat dengan bermain game kesukaannya. Kebiasaan itu menghasilkan dampak positif terbiasa melakukan lebih dari satu kegiatan secara bersamaan.
“Melatih fokus pada tujuan akan menambah dan mengasah aktivitas otak. Tentunya dalam bermain game, kita ingin selalu menjadi pemenang. Hal ini dibutuhkan konsentrasi tinggi agar dapat fokus dan mencapai skor tertinggi,” ungkap Lukman.
Lebih lanjut ia menuturkan, menyelesaikan misi tertentu membutuhkan strategi yang tepat dan memaksa otak untuk mencari jalan keluar.

ADVERTISEMENT

source