5 Game Online Terpopuler dengan Pemasukan hingga Miliaran US Dollar – Tekno Tempo

TEMPO.CO, Jakarta -Main game, termasuk game online, sepertinya sudah mendarahdaging di Indonesia. Baik tua maupun muda berkesempatan untuk memainkannya. Bagi pelaku bisnis game, tren tersebut menjadi potensi menggiurkan demi meraup keuntungan hingga miliaran dolar. 
Hasil riset pasar Sensor Tower pada akhir 2021 melaporkan, terdapat delapan game online yang memeroleh pendapatan tertinggi hingga menembus angka 1 miliar US dollar atau sekitar Rp 14,2 triliun.
8 game tersebut diisi oleh sejumlah game kompetitif dan kasual, seperti Candy Crush Saga. 
Berdasarkan laporan tersebut, berikut lima dari delapan game terpopuler di dunia dengan penghasilan hingga miliaran dolar: 
Posisi teratas ditempati oleh PUBG Mobile sebagai game online dengan pendapatan tertinggi. Dilaporkan, game besutan Tencent ini meraup penghasilan sekitar Rp3,9 triliun atau 2,6 miliar dolar AS. Pencapaian itu tidak terlepas dari tingkat kepopuleran game tersebut secara global. 
Melansir Game Reactor, PUBG Mobile yang pertama kali dirilis pada Maret 2018 itu telah diundur sebanyak 1 miliar kali di aplikasi Play Store ataupun App Store. Angka itu diprediksi akan terus naik seiring dengan inovasi yang ditawarkan dalam game tersebut. 
Di peringkat kedua, kembali ditempati oleh salah satu game besutan Tencent, yakni Honor of Kings. Besar penghasilan yang diperoleh pun sama dengan PUBG Mobile, yakni mencapai 2,8 miliar dollar AS atau sekitar Rp39,9 triliun selama 2021. Dibandingkan dengan tahun sebelumnya, pendapatan tersebut naik 14 persen. 
Baru diluncurkan pada 28 September 2020 oleh MiHoYo, game RPG Genshin Impact telah memeroleh penghasilan hingga 1,8 miliar dollar AS atau sekitar Rp25,6 triliun pada tahun 2021. Total pendapatan yang diterima, dilaporkan mencapai 2,4 miliar dolar AS di seluruh dunia yang berasal dari toko aplikasi App Store dan Play Store. 
Game online gratis, Roblox, yang dikembangkan oleh Roblox Corporation berada di peringkat keempat dengan penghasilan sebesar 1,3 dolar AS sepanjang tahun 2022. Angka tersebut naik 20,3 persen dari tahun sebelumnya. Hingga saat ini, Roblox memiliki 150 pengguna aktif di seluruh dunia. 
Melansir situs resmi roblox.com, game ini mulanya merupakan hasil persilangan dari video game Sandbox dan Massively Multiplayer Online (MMO). Oleh David Baszucki dan Erik Cassel, pada 2014 menciptakan versi beta. Pada 1 September 2006, Roblox secara resmi dapat digunakan oleh semua orang, baik anak-anak maupun dewasa. 
Game kasual, Coin Master memperoleh pendapatan sebanyak 1,3 miliar dollar AS atau sekitar Rp18,5 triliun. Secara YoY, angka tersebut meningkat 13,8 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Hal itu, menempatkan game buatan Moon Active ini di peringkat kelima. Per 9 Februari 2022, game ini mendapat rating 4.5 di Play Store. 
Baca juga: 9 Tanda Anak Kecanduan Game Online dan Cara Pencegahannya
HARIS SETYAWAN
Selalu update info terkini. Simak breaking news dan berita pilihan dari Tempo.co di kanal Telegram “Tempo.co Update”. Klik https://t.me/tempodotcoupdate untuk bergabung. Anda perlu meng-install aplikasi Telegram terlebih dahulu.

 

Kecanduan bermain game Play Station bisa merusak psikis anak. Diantaranya anak menjadi cemas, mudah tersinggung dan konsentrasi yang menurun.
Lebih dari 500 atlet dan ratusan delegasi hadir di Nusa Dua, Bali, untuk Indonesia Esports Summit yang acaranya telah dihela sejak Jumat, 2 Desember.
Kategori behavioral addiction apabila kecanduan perilaku memberi dampak negatif
Hadiah pada Season 4 mencapai 100 juta rupiah, lebih besar dari musim-musim sebelumnya.
Topik tentang prakiraan cuaca hari Minggu yang mendapat pengaruh dari bibit Siklon Tropis 97W menjadi berita terpopuler Top 3 Tekno Berita Hari Ini.
Penargetan anak-anak oleh predator di platform game Roblox dan bagaimana platform tersebut dimanfaatkan untuk upaya child grooming terungkap.
Piala Presiden Esports 2022 merupakan gelaran keempat sejak pertama kali diluncurkan pada 2019.
Kominfo telah melakukan pemutusan akses terhadap 15 sistem elektronik yang mengandung unsur perjudian pada hari Selasa
Dengan raihan emas nomor PUBG Mobile beregu ini, Tim Esposrts Indonesia secara total menyumbangkan dua emas dari Free Fire dan PUBG Mobile beregu.
Ibu korban telah melaporkan kasus penganiayaan ini ke Polres Tangsel. 8 pelaku sesama teman bermain. Disulut karena kalah main game online.

source