7 Cara Merekam Layar Laptop di Windows 7 hingga 10 – detikcom

Buat detikers yang hobi bermain game online, tentu ingin mengabadikan keseruan bermain game dengan cara merekam layar. Lantas, bagaimana cara merekam layar laptop di Windows 7 hingga 10? Simak penjelasannya pada artikel ini yuk.
Merekam layar tak hanya bisa dilakukan di smartphone saja, namun juga bisa diterapkan di laptop atau komputer. Salah satu tujuan merekam layar laptop adalah untuk merekam sejumlah aktivitas yang dilakukan saat menggunakan laptop atau komputer.
Sebagai contoh, detikers tengah mengikuti kegiatan seminar online. Agar tidak ketinggalan isi materi yang disampaikan oleh pemateri, detikers bisa merekam layar laptop untuk dijadikan dokumentasi dan mencatat sejumlah hal penting tanpa takut kelewatan.
Banyak juga pemain game online saat ini yang mulai menggunakan fitur perekam layar laptop. Biasanya, para gamers ini akan mengunggah aktivitas mereka saat bermain game ke media sosial seperti YouTube dan Instagram. Maka dari itu mereka membutuhkan fitur perekam layar di laptop atau komputernya.
Buat kamu yang belum mengetahui caranya, jangan sedih dulu detikers. Berikut ini cara merekam layar laptop atau komputer seperti dilansir dari situs Tom’s Hardware.
Cara paling mudah untuk merekam layar laptop di Windows adalah dengan menggunakan fitur Xbox Game Bar. Kamu tak perlu repot-repot menginstal aplikasi ini, sebab Xbox Game Bar biasanya sudah tersedia di dalam laptop dengan sistem operasi Windows.
Cara merekamnya cukup mudah, simak langkah-langkahnya di bawah ini.

Kalau kamu ingin merekam layar laptop di Windows dengan cara yang jauh lebih mudah, kamu bisa menekan tombol cepat yakni Windows + Alt + R. Lantas, bagaimana langkahnya? Simak di bawah ini.
Cara selanjutnya adalah dengan menggunakan aplikasi Awesome Screenshot. Untuk menggunakan fitur ini, kamu harus mencarinya di Chrome Web Store terlebih dahulu.
Biar nggak bingung, simak cara-caranya berikut ini.

Nah, jika sudah menambahkan fitur Awesome Screenshot di laptop, sekarang tinggal ikuti langkah-langkah berikut untuk merekam layar laptop.

Selanjutnya kamu bisa menggunakan aplikasi Loom yang tersedia di Chrome Web Store. Sama seperti Awesome Screenshot, kamu harus menambahkan ke Chrome di laptop dan jangan lupa untuk ekstensi aplikasi tersebut.
Jika sudah, kamu bisa mengikuti tutorial di bawah ini untuk menggunakan Loom sebagai perekam layar laptop.

Aplikasi selanjutnya yang bisa kamu pakai untuk merekam layar laptop adalah dengan Scrcast. Karena aplikasi ini tersedia di Chrome Web Store, jadi jangan lupa klik tambahkan ke Chrome terlebih dahulu ya.
Jika sudah selesai, detikers bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

Kamu juga bisa merekam layar laptop dengan menggunakan aplikasi Microsoft Stream. Fitur ini merupakaan bawaan langsung dari Microsoft, jadi bisa terjamin keamanannya.
Untuk merekam layar laptop menggunakan Microsoft Stream cukup mudah. Simak cara-caranya di bawah ini yuk.

Cara terakhir untuk merekam layar laptop adalah dengan aplikasi OBS Studio. Bisa dibilang, aplikasi perekam layar laptop yang satu ini sudah banyak digunakan. Namun, pengoperasiannya memang sedikit rumit jika dibandingkan aplikasi-aplikasi sebelumnya.
Yang jadi keunggulan OBS Studio dari sejumlah aplikasi lainnya adalah hasil perekaman layar laptop bisa langsung dibagikan ke YouTube, Twitch, hingga Facebook. Jika berminat menggunakan aplikasi OBS Studio, jangan lupa untuk instal programnya terlebih dahulu di situs https://obsproject.com/.
Jika sudah diinstal di laptop kamu, kini tinggal ikuti tutorial di bawah ini untuk merekam layar laptop menggunakan OBS Studio.
Itu dia detikers 7 cara merekam layar laptop di Windows 7 hingga 10. Semoga artikel ini dapat membantu kamu yang saat ini masih kebingungan untuk merekam layar di laptop!

source