Apa Itu AFK dalam Game Online? Inilah Penyebab dan Hukumannya – detikJabar

Bagi kamu para pemain game online, pasti sering kali mendengar istilah AFK. Lalu, sebenarnya apa sih istilah AFK dalam game online?
Dikutip Business Insider, AFK adalah singkatan dari istilah bahasa Inggris “Away From Keyboard” yang bila diartikan ke bahasa Indonesia berarti “Jauh dari Keyboard”. Hal ini awalnya ditujukkan untuk menandakan pengguna komputer atau laptop tidak berada di depan perangkatnya dalam jangka waktu tertentu.
Akronim AFK sebenarnya sudah lama muncul sejak internet hadir di tahun 1990-an. Biasanya kata AFK sering dipakai ketika tengah mengobrol melalui room chat, lalu ada salah satu orang yang ingin pergi meninggalkan komputer dalam beberapa menit.
Seiring berjalannya waktu, inisial AFK mulai digunakan oleh para pemain game online. Kata AFK mulai booming dipakai saat game Among Us tengah naik daun di seluruh dunia beberapa waktu lalu.
Dalam game online, istilah AFK digunakan bagi para pemain yang tidak aktif dalam beberapa saat. Meski pemain tersebut masih berada di dalam game, namun ia tidak memainkan game tersebut.
Misalnya, ada salah satu pemain tengah memainkan game Among Us. Lalu pemain ini tiba-tiba pergi sebentar di saat game tengah berjalan. Alhasil, permainan terus berjalan namun karakter yang ia mainkan tidak bergerak sama sekali, nah hal itu yang disebut AFK.
Pemain yang tiba-tiba AFK sebenarnya sangat mengganggu jalannya permainan. Apalagi jika game tersebut dijalankan beregu, misalnya ada 4 pemain. Kehilangan seorang pemain dalam game tersebut tentu merugikan keseluruhan tim, apalagi jika pemain tersebut AFK secara mendadak.
Ada sejumlah faktor mengapa para pemain game online melakukan AFK saat permainan tengah berjalan. Mulai dari koneksi yang buruk hingga ada urusan mendadak.
Saat bermain game online biasanya para player menghabiskan waktu berjam-jam di depan komputer atau smartphone. Lalu, hal-hal tak terduga yang mendesak bisa saja mengganggu jalannya permainan.
Ketika berada di situasi tersebut, para pemain mungkin memilih menjalankan hal yang mendesak dan tak bisa ditunda tersebut. Maka dari itu, tak jarang banyak pemain yang memutuskan untuk keluar dari game secara mendadak, tanpa memberitahu para pemain lainnya.
Faktor lainnya yang menyebabkan pemain sering melakukan AFK karena koneksi internet bermasalah. Sebab, game online membutuhkan koneksi internet yang stabil dan kencang, bila mengalami gangguan tentu akan sangat merugikan para player.
Maka dari itu, penting sebelum bermain game online untuk memastikan koneksi internet kamu dalam keadaan stabil. Sebab, koneksi internet yang buruk tak hanya mengganggu kamu dan tim saat bermain, namun juga membuat peluang meraih kemenangan menjadi kecil.
Saat bermain game online kamu juga bisa bertemu dengan berbagai player di seluruh dunia. Tapi, kamu tak boleh berharap banyak dari player yang mungkin baru kamu kenal pertama kali.
Tidak semua pemain game online bisa dikatakan handal di segala sisi. Kamu bisa saja mendapatkan rekan setim yang ternyata mereka belum handal dalam bermain. Alhasil, saat permainan berlangsung kamu akan sedikit kerepotan.
Lantas, banyak pemain yang akhirnya nggak puas karena mendapat rekan satu tim yang tidak sesuai. Maka tak jarang ada satu atau dua pemain sengaja keluar dari permainan dan AFK, dengan maksud mencari rekan setim yang lebih baik lagi sehingga peluang memenangkan permainan lebih besar.
Saat tengah bermain game online, bisa saja aplikasi game yang kamu tengah mainkan tiba-tiba berhenti bekerja. Lalu, aplikasi tersebut mengalami crash dan akhirnya keluar secara otomatis.
Hal ini juga menjadi penyebab beberapa pemain mengalami AFK saat tengah bermain game online. Tentu, dalam kasus ini tak hanya kamu saja yang dirugikan, namun rekan setim kamu juga merugi karena ada pemain yang AFK dan semakin sulit dalam melawan musuh.
Saat ini setiap game online memiliki syarat dan ketentuan bagi pemain yang melakukan AFK. Namun perlu diingat, setiap game punya ketentuannya sendiri. Rata-rata para pemain yang AFK bakal dibanned selama beberapa waktu.
Misalnya, di Mobile Legends: Bang Bang para pemain yang ketahuan AFK tidak akan mendapat rewards apapun. Lalu, pemain juga akan kehilangan credit score dan jika credit score terlalu rendah, pemain akan dilarang bermain di mode Ranked Game.
Sementara di Valorant, pemain yang kedapatan AFK akan dikenakan penalti. Pemain tidak langsung di banned karena hanya diberikan peringatan saja. Tapi jika pelanggaran yang dilakukan sudah kelewat batas, pemain bisa di banned 7-14 hari.
AFK tentu sangat merugikan kamu dan para pemain saat tengah bermain. Lantas, apa yang harus dilakukan untuk menghindari AFK saat bermain game online?
Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, salah satu faktor pemain mengalami AFK karena masalah jaringan internet yang tidak stabil. Maka dari itu, sebelum mulai bermain pastikan jaringan internet aman.
Ada baiknya gunakan koneksi wifi yang stabil sehingga saat bermain game online menjadi lebih lancar. Jika ingin bermain game dengan data internet, pastikan bar sinyal dalam kondisi baik ya detikers.
Usahakan juga bermain game online di waktu yang tepat. Sehingga kamu tak perlu khawatir akan diganggu oleh kondisi yang mendesak hingga akhirnya terpaksa AFK.
Sebaiknya bermain game online di akhir pekan atau ketika tengah istirahat jam kerja. Jangan sampai kamu nekat bermain game online ketika dalam jam kerja, selain mengganggu konsentrasi tentu bisa ditegur oleh atasan.
Itulah pengertian, penyebab, hukuman, serta tips dan trik untuk mencegah pemain melakukan AFK. Jadi, detikers bisa bermain game online dengan lancar tanpa perlu khawatir ada yang AFK.

source