ASEAN Vero dan Decision Lab Riset Soal Game Online dan Esport … – KURETA

Jakarta – Agensi komunikasi ASEAN Vero merilis hasil riset mengenai kancah game online dan esport yang tumbuh pesat di Indonesia. Riset dilakukan bekerja sama dengan Decision Lab guna menjelajahi lanskap esports di Tanah Air.
Mengutip Opsi ID, riset dilakukan terhadap 470 orang Indonesia dengan rentang usia antara 16-41 tahun dengan 3 kategori responden, yakni gamer, watcher dan streamer.
Riset mencakup sejumlah hal, yakni demografi, genre, brand esport utama, hingga selebriti esport.
Dari hasil penelitian tersebut, ditemukan sejumlah fakta menarik mengenai dunia game online dan esport di Indonesia.
Ilustrasi Esport

Secara umum, komunitas E-sports di Indonesia sebagian besar berada di ibu kota Jakarta, diikuti oleh Surabaya dan Medan, dengan kelompok usia 26-37 tahun.
Sementara dari aspek distribusi gender, Esport di Indonesia masih didominasi oleh pria yakni sebesar 53 persen, sementara wanita sebesar 47 persen.
Semua responden dari kategori yang berbeda setuju bahwa genre E-sports paling diminati adalah Multiplayer Online Battle Arena (MOBA).
Meski ada sedikit perbedaan dalam preferensi antara Pemain dan Penonton/Streamer karena gamer lebih menyukai game olahraga, sedangkan watcher/streamer tampaknya lebih menikmati game strategi kehidupan nyata.
Adapun Mobile Legend dan PUBG mendominasi kategori sebagai permainan yang paling banyak dimainkan, ditonton, dan dijadikan streaming. 
Saat ini, brand E-sports yang paling popular di Indonesia adalah GameLoft untuk kategori publisher game ternama dengan prosentase sebesar 78 persen, DuniaGames sebagai platform berita game terpopuler dengan prosentase sebanyak 72 persen.
Kemudian Youtube Gaming untuk kategori platform streaming (84 persen) dan watching (91 persen) paling banyak digunakan.
Responden dari semua kategori setuju bahwa EVOS Esports adalah pemain atau tim paling terkenal di kalangan komunitas, disusul  RRQ diperingkat 2, sementara Jess No Limit memegang gelar sebagai streamer yang paling banyak ditonton. []
Jl. Rose Garden 5 No.70, RT.002/RW.017, Jaka Setia, Kec. Bekasi Selatan, Kota Bekasi, Jawa Barat 17148
[email protected]

source