Daftar Game Terpopuler di Dunia 2022 – Katadata.co.id

Bermain gim (game) saat ini bukan lagi menjadi kegiatan yang tidak bermanfaat. Justru sebaliknya, aktivitas ini sangat digemari oleh anak muda. Terutama mereka yang bercita-cita menjadi pemain game atau seorang gamer.
Selain menyenangkan, menjadi seorang gamer bisa mendatangkan pendapatan fantastis jika mampu berprestasi. Apalagi saat ini banyak sekali event perlombaan game terpopuler di dunia yang memasang hadiah unag dengan nominal tinggi.
Berbicara tentang game terpopuler di dunia, beberapa di antaranya sudah menjadi bagian dari cabang olahraga baru yang disebut “esports“. Misalnya saja seperti Mobile Legends. Salah satu game terpopuler di dunia yang sangat banyak dimainkan di Indonesia.
Sejumlah tim esports di negara kita, bahkan sudah menjuarai berbagai kejuaraan game tersebut baik di tingkat lokal maupun internasional. 
Lantas apa saja jenis game populer di dunia seperti yang paling banyak dimainkan oleh para gamer? Berikut ulasannya.
Setiap game dengan berbagai genre mulai dari petualangan, aksi, olahraga, sampai teka-teki memiliki keseruan tersendiri bila dimainkan. Bagi seorang gamer, mereka harus memilih game terbaik untuk dimainkan.
Di era kecanggihan teknologi saat ini, sudah ada lebih dari ratusan judul game terpopuler di dunia yang dirilis untuk semua perangkat. Itu artinya, baik ponsel pintar ataupun komputer dapat memainkan game tersebut.
Dalam artikel ini kami merangkum sejumlah judul game terpopuler di dunia. Sebagai catatan, dalam daftar ini semua jenis game dimasukan. Artinya tidak hanya game Android saja, judul game lawas pun masuk dalam list kali ini.
Dikutip dari  Sports Browser dan Gamertweak, berikut daftar game terpopuler di dunia yang wajib dimainkan seorang gamer.
 
Di posisi pertama game terpopuler di dunia adalah Minecraft. Tentunya, judul game ini sudah sangat familiar di kalangan gamer.
Menurut Gamertweak, sejak dirilis kembali pada 18 November 2011, game garapan Mojang Studios ini sudah terjual lebih dari 238 juta kopi game di semua platform.
Minecraft adalah sebuah game yang memberi kebebasan bagi para pemainnya untuk bertahan hidup dan membangun kawasannya sendiri. Pemain juga memiliki otoritas penuh untuk membangun bangunan, berburu hewan, berinteraksi dengan karakter NPC (Non Playable Character) manusia, dan makanan. 
Game ini menyediakan beberapa mode. Seperti survival, mode petualangan, mode kreatif, dan mode penonton.
 
Membahas daftar game terpopuler di dunia, tentunya kurang lengkap jika tidak memasukan PUBG. Game bergenre battle royale ini memiliki jumlah player aktif lebih dari 100 juta orang.
Judul game yang dikembangkan oleh PUBG Corporation ini, sangat populer karena kualitas grafiknya. Bahkan untuk versi mobile, game tersebut memiliki sejumlah peta dengan kualitas grafik yang bagus.
Selain grafik, pemain juga bisa memilih dan membeli sejumlah item yang diperlukan saat bermain.
 
Game yang dikembangkan oleh Respawn Entertainment ini, sangat populer di kalangan gamer di dunia. Bahkan, hingga sekarang jumlah pemain aktifnya sekitar 50 juta orang.
Apex Legends adalah sebuah game medan perang yang unik. Game ini memiliki enam tim pemain dengan tiga pemain dalam satu regu. Mereka akan bermain di sebuah pulau dan diharuskan untuk menggunakan sumber daya, serta senjata lain guna melawan regu lain pada saat itu juga.
 
Game terpopuler di dunia berikutnya adalah Fortnite Battle Royale. Sama seperti PUBG, game ini menyuguhkan pertempuran beregu yang seru.
Jumlah pemain aktifnya mencapai lebih dari 40 juta orang. Game tersebut  memiliki lebih banyak fitur, peralatan, dan tahapan permainan dengan jumlah player yang jauh lebih banyak ketimbang game sejenisnya.
 
Permainan multiplayer ini harus masuk dalam daftar game terpopuler di dunia. Counter Strike adalah game yang mengharuskan pemainnya untuk menyelesaikan misi seperti menyebarkan dan menanam bom, mengamankan lokasi, membunuh teroris, dan menjaga sandera yang ditampilkan di peta.
 
Dikembangkan oleh Blizzard Entertainment sejak tahun 2012, HearthStone adalah game tentang mengumpulkan deck kartu dari rumah yang berbeda dengan kekuatan yang berbeda. Masing-masing kartu tersebut dipakai untuk menurunkan kesehatan dan nyawa lawan agar memenangkan permainan.
 
Bagi pecinta game, League of Legends adalah game terpopuler di dunia dengan jumlah pemain yang cukup banyak.
Game bergenre Multiplayer Online Battle Arena (MOBA) tersebut, dikembangkan oleh Riot Games dan memiliki player aktif lebih dari 27 orang.
Game Among Us sempat viral di media sosial beberapa tahun lalu. Penyebabnya tidak lain karena para pemain diharuskan mencari sosok “impostor” dalam permainan. Selain di Android, game dengan tampilan sederhana ini dapat dimainkan di komputer.
Seperti yang disebutkan sebelumnya, Mobile Legends adalah salah satu judul game terpopuler di dunia yang banyak dimainkan di Indonesia. Konsep game ini yaitu permainan MOBA 5 vs 5. Dimana player harus memilih salah satu hero, lalu bermain di dalam dua tim.
 
Free Fire adalah salah satu game bergenre battle royale yang memiliki ukuran cukup ringan dan ramah bagi ponsel Android. Meski tidak sebagus PUBG dalam segi grafik, game tersebut sangat banyak dimainkan di Indonesia.
 
Sejak dirilis pada tahun 2020, Call of Duty Warzone adalah salah satu game terpopuler di dunia. Game ini bahkan sudah memiliki jumlah player online lebih dari 6 juta orang.
Game yang diterbitkan oleh Activision ini,  tersedia di semua konsol game terbaik, para gamer juga dapat memainkannya di Playstaion atau PS5.
 
Selain daftar di atas, kami juga sudah merangkum sejumlah judul game terbaik lainnya yang bisa dimainkan. Mengutip The Guardian dan sumber lainnya, simak deretan judul game seru berikut ini:
DOTA 2 adalah game MOBA yang cukup populer di dunia. Game ini bahkan menjadi bagian esports, berbagai turnamen dan liga yang melibatkan lebih dari 5 juta pemainnya.
Semua seri dari judul game Resident Evil memang sangat seru bila dimainkan. Sebab, permainan dengan tema horor ini memiliki tingkat kesulitan yang tidak biasa. Selain itu, pemainnya akan dituntut untuk memecahkan setiap misteri sembari melawan amukan para zombie.
Dirilis tahun 2005, Resident Evil 4 adalah salah satu judul game terpopuler di dunia. Game yang diproduksi oleh Capcom ini memiliki cerita horor menarik tentang seorang polisi super yang menyelamatkan putri presiden Amerika Serikat dari sekte sesat Spanyol. Judul game ini berbeda dari seri Resident Evil sebelumnya, dimana terdapat perubahan  struktur dan gaya permainan yang sangat menegangkan.
Seri Super Mario bisa dibilang menjadi salah satu judul game terpopuler di dunia saat ini. Khususnya untuk Super Mario Odyssey.
Dirilis tahun 2017, game ini akan membawa pemain bernostalgia dengan karakter Mario si tukang ledeng. 
Seri Odyssey adalah lanjutan dari game Setelah petualangan galaksinya di game Super Mario Galaxy. Alur cerita di dalam game ini yaitu membawa kembali Mario untuk berpetualangan di Bumi.
Keseruan pada game ini bukanlah sebuah omong kosong belaka. Sebab, pemain dapat membawa Mario untuk memiliki Chain Chomp,  melompat-lompat di gravitasi rendah, sampai mengejar kelinci atau yeti balap.
Dirilis pada tahun 2004 oleh Blizzard Entertainment, World of Warcraft merupakan salah satu judul game terpopuler di dunia. Bahkan, jumlah pemainnya sudah lebih dari ribuan orang.
World of Warcraft adalah sebuah permainan perang daring multi pemain masif. Artinya, dalam sebuah server atau room terdapat banyak pemain.
World of Warcraft sendiri merupakan seri keempat untuk game Warcraft. Seri pertamanya yaitu Warcraft: Orcs & Humans yang dirilis tahun 1994, sudah menarik perhatian gamer saat itu karena keseruannya.
Metal Gear Solid V: The Phantom Pain adalah judul game dari seri Metal Gear. Dirancang oleh Hideo Kojima, game ini punya daya tarik dan kelebihan tersendiri dari seri-seri sebelumnya. 
Salah satu mahakarya dari Hideo Kojima ini, memiliki gaya sinematik dengan efek lens flare di dalamnya. Judul ini adalah salah satu game open world terbaik.
Di dalam game tersebut, pemain akan berperan sebagai Snake, karakter utama dari seri Metal Gear yang merupakan seorang prajurit super dengan kemampuan luar biasa serta mampu menghabisi satu markas sendirian.
Apa yang menarik dari judul game ini? Mungkin itu adalah pertanyaan yang akan disampaikan oleh pemain baru untuk seri dari game ini.
The Elder Scrolls V: Skyrim merupakan video game aksi role-playing yang dikembangkan oleh Bethesda Game Studios dan diterbitkan oleh Bethesda Softworks. Game tersebut dirilis pada tahun 2011.
Game tersebut akan membawa pemain untuk menjelajahi dunia fantasi yang luas, dengan alur cerita menarik.
Mengutip dari Sobatgame.com, The Last of Us adalah sebuah video game dengan tema survival horor.
Saat bermain, pemain akan berperan menjadi seorang penyelundup bernama Joel. Karakter ini ditugaskan untuk menemani seorang gadis remaja bernama Ellie dalam mengarungi dunia pasca apokalips di Amerika Serikat. 
Selain menyelesaikan misi, keseruan di dalam game tersebut yaitu pemain akan melawan manusia dan makhluk kanibal yang terserang oleh jamur Cordyceps yang telah bermutasi.
Grand Theft Auto V, atau dikenal juga dengan sebutan GTA 5 (GTA V) merupakan video game kelima belas dari seri Grand Theft Auto.
Mengambil set lokasi di Los Santos pada tahun 2013, GTA 5 bercerita tentang 3 karakter utama yaitu Michael De Santa, Franklin Clinton, dan Trevor Philips. GTA 5 menjadi salah satu game terpopuler di dunia.
The Witcher 3: Wild Hunt merupakan game yang dikembangkan oleh pengembang Polandia CD Projekt Red, dan pertama kali dirilis pada tahun 2015. 
Judul ini adalah lanjutan atau sekuel dari seri sebelumnya yaitu The Witcher 2: Assassins of Kings. Saat dimainkan, game ini memiliki konsep open world dengan perspektif orang ketiga.
Legend of Zelda adalah seri game aksi dan petualangan dengan alur cerita seru yang sangat menarik untuk diikuti. Khusus untuk Breath of the Wild, game ini merupakan seri kesembilan yang menjadi akhir cerita dari seri Legend of Zelda.
Game yang dikembangkan oleh Nintendo untuk konsol Nintendo Switch dan Wii U ini, bahkan sempat dinobatkan sebagai game terbaik di tahun 2017. 
Itulah pembahasan tentang daftar game terpopuler di dunia. Sejumlah judul game di atas sangat cocok dimainkan, karena memiliki keunikan dan keseruan tersendiri.
Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

source