Dampak Regulasi Baru, Steam dan Epic Games Store Kini Diblokir … – gamerwk.com

Gamer Indonesia hari ini dihebohkan aksi pemblokiran Kominfo ke platform marketplace besar seperti Steam serta Epic Games Store
Seperti yang sempat kami bahas beberapa hari lalu mengenai regulasi KominfoΒ untuk Penyelenggara Sistem Elektronik Swasta (PSE), sepertinya aturan baru yang berlaku ini memang diterapkan dengan sangat serius oleh mereka. Dampaknya baru terasa jelas hari ini, yang mana sebagian platform besar seperti Steam, Epic Games Store, hingga PayPal tidak bisa lagi diakses dengan cara normal.
Pemblokiran ini diproses mengikuti peringatan Kominfo ke berbagai platform besar untuk mendaftarkan perusahaannya ke database mereka. Tapi melihat hasilnya seperti sekarang, sepertinya peringatan tersebut memang tidak sampai digubris dan berujung pada skenario yang begitu kontroversial. Sejak menyebarnya kabar ini, banyak gamer lokal tentu langsung menyuarakan protes keras yang memang termasuk reaksi wajar, apalagi khusus untuk platform PayPal yang menjadi dompet online bagi banyak pekerja.
Sebagian juga mendapati kalau PayPal sudah terdaftar di database Kominfo, jadi dampak pemblokirannya mungkin akan segera ditarik sebentar lagi. Lalu bagaimana dengan platform lain? Jika kamu termasuk salah satu yang merasa panik, sebenarnya masih ada beberapa alternatif cara bypass seperti menggunakan layanan VPN terpercaya atau mengganti pengaturan DNS. Satu-satunya platform lain yang sekarang sudah bisa diakses (setidaknya bisa kami akses dengan normal) adalah Battle.net.
Steam, PayPal, Battlenet, Epic Games and other websites have been banned in Indonesia 😐 pic.twitter.com/cJua1JQKDC
— Team Secret (@teamsecret) July 29, 2022

Hingga saat berita ini ditulis beberapa platform besar tersebut masih diblokir dan tidak ada kejelasan pasti soal apa keputusan Kominfo selanjutnya. Melihat protes yang begitu keras hingga mengundang perhatian luar negeri, siapa tahu saja akan ada penyesuaian baru yang menyusul dalam waktu dekat. Jika penasaran, kamu bisa pantau daftar PSE lengkap yang terdaftar maupun dihentikan lewat website resminya DI SINI.
β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”
Sebagai rekomendasi sampingan, berikut ini kami sudah merangkum list dari game MMOPRG terbaik yang bisa kamu mainkan di mobile:
Pastikan untuk mengikuti perkembangan berita game lainnya diΒ Gamerwk.
Banyak banget game bergaya anime yang cukup sukses dipasaran, ada juga beberapa game dengan konsep tersebut yang memang diantisipasi perilisannya….
HoYoverse berencana membuka pendaftaran closed beta terakhir untuk Honkai Star Rail pada 24 Januari mendatang.
Ranking pendapatan game mobile RPG selama periode minggu ketiga Januari 2023 nampak cukup sengit.
Game mobile dari franchise LittleBigPlanet ‘Ultimate Sackboy’ diumumkan untuk mobile dan akan mengusung genre endless runner.
Square Enix dan Koei Tecmo mengumumkan mobile RPG Dragon Quest Champions yang sudah langsung membuka pendaftaran CBT.
Bandai Namco kembali merilis trailer baru Sword Art Online: Last Recollection yang berfokus pada cerita dan cuplikan combat.
Franchise raksasa yang memang sudah memiliki komunitas yang tersebar di seluruh dunia secara global tidak mengherankan akan mendapatkan perhatian khusus,…
Beberapa gamer yang telah pre-order Skull and Bones mendapati gamenya refund otomatis dan opsi pre-order sudah tidak tersedia di PS…
Granblue Fantasy: Relink masih ditargetkan untuk 2023 dan diklaim sudah berada dalam fase pengembangan terakhir.
Cygames dan Arc System Works akan merilis Granblue Fantasy: Versus Rising yang membawa banyak perombakan baru di 2023.
Β© 2020 – 2022 Digital Braves Media Group Sdn Bhd
Β© 2020 – 2022 Digital Braves Media Group Sdn Bhd

source