Industri Game Online di Indonesia Makin Berkembang, Ini Hlo Buktinya! – Solopos.com

FOTO
VIDEO
KOLOM
BERITA UNS
PEMILU 2024
EKSPEDISI PANGAN 2022
KUIS
Percaya enggak kamu kalau industri game khususnya online berkembang begitu pesat di Indonesia selama 10 tahun terakhir?
SOLOPOS.COM – Ilustrasi kompetisi game online. Peserta mengikuti Diplomat E-Sports Champions League (DECL) di Poseidon Games Center, Manahan, Solo, Minggu (18/10/2020). (Solopos/Ichsan Kholif Rahman)

Solopos.com, SOLO — Bagaimana sih perkembangan industri game online di Indonesia selama ini?
Kian hari, game online makin diminati oleh masyarakat, baik anak-anak, remaja, hingga dewasa. Selain bisa sebagai sarana hiburan, game juga ternyata bisa menguntungkan secara finansial.
PromosiTokopedia Card Jadi Kartu Kredit Terbaik Versi The Asian Banker Awards 2022
Regional Marketing Community Development Supervisor PT Wismilak Inti Makmur Jateng DIY, Fresha Kurnia Herdianto pun mengakui industri game Tanah Air berkembang begitu pesat.
Baca Juga: Ternyata Ini Sosok PNS Terkaya di Indonesia, Hartanya Capai 1 Triliun

Ia mengatakan industri game online di Indonesia mengalami perkembangan selama 10 tahun terakhir. Hal ini diawali dengan game di komputer, playstation, hingga yang saat ini menjadi tren adalah mobile gaming.
“Semakin ke sini mobile gaming antusiasmenya semakin tinggi. Bahkan, mengalahkan PC gaming sama PS. Kkarena mungkin mudah dijangkau karena paket data ada, secara kecepatan internet support dan dari HP spesifikasinya mendukung. Di mana 10 tahun terkahir ada game Mobile Legend, PUBG yang menyita antusiasmie di gaming,” ungkap pria yang kerap disapa Fresha kepada Solopos.com, Sabtu (27/11/2021) melalui sambungan telepon.
Baca Juga: Daftar Pemenang SCTV Awards 2021, Lengkap dengan Nominasinya
Bukan hanya berkembang dari segi infrastruktur, industri game di Indonesia juga meningkatkan dari segi perekonomian. Sehingga menurut pria berusia 26 tahun ini, gamers harus didukung.
“Game itu bisa menjadi industri yang meningkatkan perekononian. Sebenarnya kenapa kok kita tertarik untuk men-support ekosistemnya, karena antuasiame game semakin tinggi. Kalau ekosistem enggak di-support. cuma stag saja. Kalau didukung pasti ada jalan yang lebih baik untuk mengembangkan itu,” imbuh dia.

Baca Juga:  Gaji yang Cukup untuk Tinggal di Solo Versi Netizen
Perkembangan industri game di Indonesia ini juga tak lepas dari peran pemerintah. Apalagi esports kini tela diakui sebagai salah satu cabang olahraga dan masuk dalam pergelaran PON XX di Papua. Selain itu, atlet-atlet esports juga telah terwadahi dalam organisasi Pengurus Besar Esports Indonesia (PBESI). “Harapan saya untuk pemerintah biar bisa profesional dalam mengelola esports. Profesional dalam artian tidak ada kepentingan pribadi atau politik dalam esports dan dikelola bersama,” ungkap dia.
Meski industri game di Indonesia perkembangannya menunjukkan arah positif, Fresha mengimbau untuk semua pihak juga mengedukasi pelaku game. Terutama terkait batasan waktu untuk bermain game.
Baca Juga: Ide Seru Bikin Acara Natal dan Tahun Baru 2022 yang Tak Terlupakan
“Harapannya bukan hanya men-support tapi juga mengedukasi pencinta game. Kalau sudah cukup [main game] sudah selesai. Jadi refreshing dapat, kesehatan dapat, prestasi di sekolah akademik juga dapat,” jelas dia.

Di akhir pembicaraannya, Fresha berharap esports Indonesia menjadi nomor satu di Asean mengalahkan Filipina. “Harapan ke dekat minimal nomor satu di Asean. Sebenarnya sudah pernah nomor 1 tapi kita 11- 12 dengan Filipina,” pungkas dia.
Baca Juga: Misteri Kawin Gancet di Makam Kukun Karanganyar
Sebagai informasi, Solopos Media Group dengan Diplomat menggelar turnamen esports bergensi perdana di Jogja, yakni Solopos Diplomat Jogja Esport Arena (SDJEA) 2021 dengan hadiah total senilai Rp20 jutaan.
Adapun pendaftaran kompetisi turnamen esports ini telah dibuka sejak 11 November 2021 hingga 11 Desember 2021 mendatang dengan menghubungi di nomor 0897-9258-984.
Baca Juga:  Ini Tempat Wisata di Semarang yang Menarik Dikunjungi, Ada Pantai Hlo!
Kompetisi yang sukses diadakan di Solo pada awal November 2021 ini akan diadakan di Jogja pada Desember 2021 mendatang. Babak penyisihan akan dimulai pada 15,16, dan 17 Desember lalu babak final digelar di Sleman City Hall pada 19 Desember 2021 mendatang.
Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Youtuber Deddy Corbuzier mendapat gelar Letkol Tituler dari Menteri Pertahanan, di Keraton Kasunanan Surakarta dan Pura Mangkunegaran, Paku Buwono X dan XII, serta Mangkunegara VII dan VIII pernah mendapatkan gelar tituler.

Bantuan atau sumbangan diberikan kepada korban Cianjur di daerah Cugenang yang merupakan daerah dengan kerusakan terparah akibat gempa Cianjur.
Lo Kheng Hong mengatakan, lebih baik uang yang ada digunakan untuk sesuatu yang apresiasi, bukan untuk sesuatu yang depresiasi.
Presiden Joko Widodo meneken Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 48 Tahun 2022 tentang penambahan Penyertaan Modal Negara (PMN) kepada PT Bank Tabungan Negara Persero Tbk (BTN) sebesar Rp2,48 triliun.
BI mengungkapkan aliran modal asing yang masuk ke pasar keuangan domestik mencapai Rp1,77 triliun sepanjang 5-8 Desember 2022 di saat level IHSG yang anjlok 4,34 persen dalam sepekan.
Akhir pekan, harga emas yang dijual di Pegadaian, Sabtu (10/12/2022) hari ini, terpantau naik untuk Antam dan cetakan UBS.
Guna mendukung sektor investasi di Jawa Tengah (Jateng), PLN memastikan cadangan listrik untuk wilayah Jateng dan DIY masih sangat mencukupi.
Sejumlah strategi dilakukan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk mendorong pertumbuhan ekonomi pasca pandemi Covid-19 dengan restrukturisasi kredit.
Simak jadwal perjalanan KRL Solo-Jogja atau Commuterline pada hari ini, Sabtu (10/12/2022).
Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Samsat Balaraja, Ali Hanafiah, melaporkan sekitar 400 kendaraan dinas milik pemerintah desa di Kabupaten Tangerang, Banten, belum membayar pajak kendaraan bermotor (PKB) selama satu sampai dua tahun.
Kemenhub mencatat jumlah pesawat yang siap dan dinyatakan laik terbang untuk melayani perjalanan masyarakat pada periode libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) mencapai 367 unit.
Lembaga jasa keuangan (LJK) yang melayani kegiatan usaha bank bullion atau bank emas tanpa restu dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dapat dikenai sanksi pidana hingga sanksi denda hingga Rp600 miliar.
Responden Survei Penjualan Eceran oleh Bank Indonesia meyakini akan terjadi penurunan laju inflasi pada Januari 2023. Namun, tetap terdapat kekhawatiran kenaikan setelahnya.
Tugas pengaturan dan pengawasan terhadap aset kripto akan dialihkan ke Otoritas Jasa Keuangan (OJK) seperti diamanatkan Rancangan Undang-undang Pengembangan dan Penguatan Sektor Keuangan (RUU PPSK) atau omnibus law keuangan.
Lembaga jasa keuangan (LJK) yang melakukan kegiatan usaha bank bullion atau bank emas tanpa restu dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dapat dikenai sanksi pidana.
Selain potensi risiko global, potensi risiko domestic juga harus mendapat perhatian untuk perekonomian ke depan, termasuk untuk wilayah Jawa Tengah (Jateng).
Copyright © 2007-2022, Solopos Digital Media – Panduan Informasi & Inspirasi. All rights reserved.

source