Mengintip Game-game Esports Paling Populer – CNN Indonesia

Esport kian menuai popularitas diiringi dengan perkembangan perangkat pendukung yang memadai. Hilirnya, Esports di Asian Games 2018, SEA Games 2019, dan PON Papua 2020 sebagai bukti bisa disejajarkan dengan cabang olahraga lain yang sudah eksis puluhan tahun.
Esport merupakan kependekan dari elektronic sport adalah sebuah kompetisi atau adu ketangkasan di dunia maya melalui video games.
Dahulu, bermain games mungkin dipandang hanya sekedar aktivitas untuk mengisi waktu luang atau sebagai hiburan, namun kini dengan tumbuhnya iklim profesional di ruang tersebut, eSport bisa menjadi aktivitas yang layak ditekuni, bahkan sebagai karier.
ADVERTISEMENT
SCROLL TO RESUME CONTENT
Salah satu games yang paling populer di ranah eSport adalah Dota 2. Game ini bahkan memiliki turnamen tahunan bernama ‘The International’ atau yang lebih dikenal dengan nama ‘TI’ dengan total hadiah mencapai US$40 juta atau sekitar Rp573 miliar.
Industri Esport yang semakin tumbuh bahkan membuat ajang olahraga Internasional seperti Asian Games melirik bidang ini.
Dilansir dari laman resmi Olimpiade, eSports akan memulai debutnya di perhelatan olahraga Asian Games 2022 yang dilaksanakan di China. Dalam perhelatan tersebut, medali akan diberikan untuk delapan cabang games.
Sementara games eSport yang akan masuk ke ajang Asian Games 2022 adalah FIFA (made by EA SPORTS), PUBG Mobile, Arena of Valor, Dota 2, League of Legends, Dream Three Kingdoms 2, HearthStone, dan Street Fighter V.
Setiap pemenang dari masing-masing cabang akan mendapatkan medali emas, perak, dan perunggu. Kemudian dua games lain juga akan dimainkan dalam ajang Asian Games 2022 sebagai acara demonstrasi, yakni games Robot Masters dan VR Sports.
Selain games tersebut, ada juga beberapa games yang masuk ke jajaran atas games eSports di dunia.
Mengutip eSport Earnings, berikut daftar 10 games eSport teratas beserta estimasi jumlah pemain dan turnamen yang dimiliki:
1. Dota 2: 933 pemain – 87 turnamen
2. Counter-Strike: Global Offensive: 3.190 pemain – 494 turnamen
3. PLAYERUNKNOWN’S BATTLEGROUNDS Mobile: 783 pemain – 24 turnamen
4. PLAYERUNKNOWN’S BATTLEGROUNDS: 513 pemain – 44 turnamen
5. Arena of Valor: 363 pemain – 17 turnamen
6. Fortnite: 710 pemain – 42 turnamen
7. League of Legends: 1.288 pemain – 93 turnamen
8. VALORANT: 2094 pemain – 296 turnamen
9. Rainbow Six Siege: 603 pemain – 42 turnamen
10. Call of Duty: Warzone: 787 pemain -188 turnamen
Dari sekian banyak games Esport yang dipertandingkan dalam skala internasional, Indonesia menempati posisi 21 dari 124 negara yang terdaftar. Sedangkan posisi puncak ditempati China, yang diikuti oleh Amerika Serikat dan Rusia.
ADVERTISEMENT
ADVERTISEMENT

source