Pengaruh Globalisasi : Maraknya Game Online Dapat Menganggu … – Kompasiana.com

Halo, saya Khansa Fikrotun Kamila. Mahasiswi program studi S1 Kebidanan, Universitas Airlangga. Semoga artikel saya bermanfaat.
Selanjutnya
Tutup

Artikel ini dibuat dalam rangka memenuhi tugas Pembelajaran Dasar Bersama (PDB) Mata Kuliah Logika dan Pemikiran Kritis Kelas D-1.2 Universitas Airlangga
Hidup di zaman modern seperti saat ini rasanya kita sudah tidak asing lagi mendengar istilah globalisasi. Para ahli juga melihat bahwa globalisasi ini pada dasarnya sudah menjadi partikel yang tidak dapat dipisahkan dari perkembangan kehidupan umat manusia. Globalisasi menurut KBBI yaitu proses masuknya informasi, pemikiran, gaya hidup, dan teknologi ke ruang lingkup dunia. Sedangkan menurut Robertson, globalisasi merupakan suatu pertukaran pandangan dunia, produk, pemikiran, dan aspek kebudayaan sebagai bentuk proses integrasi nasional (Robertson, 1992). Adanya globalisasi ini menyebabkan ilmu pengetahuan berkembang sangat cepat dan akan terus menerus memperbaiki serta melahirkan hal-hal baru di dunia ini.

Perkembangan globalisasi diawali dengan kemajuan pada bidang teknologi dan informasi. Bentuk fisik dari dampak globalisasi terhadap kemajuan bidang teknologi dan informasi adalah adanya telegraf atau intenet. Berbagai orang di seluruh belahan dunia bahkan menggantungkan kegiatannya pada internet. Dengan internet juga interaksi antarmasyarakat di belahan dunia dapat saling berkomunikasi dengan nyaman tanpa harus bertemu secara langsung. 

Media komunikasi dan game online adalah salah satu produk hasil dari pengembangan teknologi dan informasi. Saat ini, teknologi hiburan khususnya game online lebih berkembang pesat dibandingkan dengan jenis teknologi lainnya. Selain itu, berkat kemajuan teknologi dan informasi ini game online sangat mudah diakses baik di komputer, laptop, smartphone, dan tablet selama tersambung dengan jaringan internet. 
Game online adalah suatu permainan yang dioperasikan secara online dimana seorang pemain memungkinkan untuk bermain dengan pemain lainnya di belahan dunia lain. Di Indonesia, mayoritas sudah tahu adanya game online ini. Bahkan, banyak juga yang sudah mahir dalam mengoperasikan game online. Hal tersebut dapat kita lihat dari antusiasme masyarakat dan peminatnya yang semakin lama semakin bertambah. Aplikasi game online saat ini menjadi salah satu alternatif hiburan baik bagi pria, wanita, tua ataupun muda.
Tidak menutup kemungkinan game online ini memberikan dampak positif bagi para penggunanya yaitu melatih tingkat konsentrasi dan mengasah kemampuan otak dalam memecahkan masalah. Namun, tidak dapat dipungkiri juga game online ini mempunyai pengaruh negatif juga bagi para penggunanya. Apabila, penggunaan aplikasi game online ini dilakukan secara berlebihan akan mengakibatkan kecanduan. Menurut (Lemmens, et al., 2009) kecanduan game online yaitu suatu hal dimana seorang pemain menggunakan media elektronik seperti komputer atau smartphone secara berlebihan dan tidak bisa mengendalikannya sehingga menimbulkan masalah sosial. 
Berbicara mengenai dampak negatif yang diberikan oleh aplikasi game online, menurut (Bruce, 2002) dalam (Januar Hari W, 2017) aktivitas gelombang otak bagian prefontal berperan dalam pengendalian sikap dan emosi pada tubuh. Oleh sebab itu, tidak jarang ditemukan pemain game online mudah emosi, mengalami perubahan mood, sulit berkonsentrasi, dan kehilangan minat untuk berinteraksi sosial. Selain itu, aplikasi game online ini memberikan dampak negatif terhadap pola tidur para penggunanya.


Tidur merupakan suatu kebutuhan bagi tubuh setiap manusia. Durasi tidur yang ideal dan baik untuk kesehatan adalah 7 – 8 jam sehari. Apabila, pola tidur berantakan dan durasi tidur yang tidak menyentuh angka ideal dilakukan secara terus-menerus maka dapat menimbulkan penurunan fungsi organ pada tubuh. Apabila kecanduan game online, secara langsung pola tidur tidak terkendali dan cenderung berantakan. Insomnia, tidak semangat beraktivitas, dan kelelahan dapat terjadi sebagai dampak dari pola tidur yang tidak ideal. 
Penelitian yang dilakukan (Hershner & Chervin, 2014) menyatakan bahwa menggunakan gadget atau alat komunikasi sebelum tidur akan membuat kualitas tidur menjadi rendah dan 51% di antaranya bangun dalam keadaan lelah. Paparan cahaya yang berasal dari komputer, tablet, dan smartphone termasuk salah satu faktor yang mempengaruhi kualitas dan pola tidur. Cahaya biru yang ditransmisikan dari komputer, tablet, dan smartphone akan mempengaruhi tidur hingga seseorang tersebut dapat melepaskan hormon melatonin. Hormon melatonin adalah hormon alami tubuh yang memiliki peran penting untuk mengatur pola tidur.
Hasil penelitian menyatakan terdapat beberapa faktor yang menyebabkan gangguan pola tidur karena game online yaitu :

  1. Faktor pertama dikarenakan mereka memilih untuk menghabiskan sebagian besar waktunya dengan bermain game online dibandingkan harus bermain diluar rumah.
  2. Faktor kedua yang menyebabkan gangguan pola tidur adalah jam tidur mereka yang terbalik. Para pemain game online tersebut mayoritas memainkan game saat malam hari dan tidur saat pagi hari.
  3. Faktor ketiga ini merujuk pada para pekerja shift malam, mereka cenderung memainkan game online untuk menghilangkan kejenuhan.

source