Sisi Positif dan Negatif Game Online yang Perlu Diketahui! – Kompasiana.com – Kompasiana.com

Mahasiswa Binus University (Communication Science)
Selanjutnya
Tutup
Perkembangan teknologi di era modern sekarang ini sangat pesat terutama perkembangan di dalam game online.
Game online sendiri merupakan sebuah permainan yang menggunakan gadget mobile phone atau PC (komputer) untuk perangkat utamanya dan mampu mencakup jangkauan sangat luas bagi yang memainkan game online tersebut karena memakai jaringan internet untuk dapat mengaksesnya. Seiring berjalannya waktu penggemar game online semakin banyak, melihat perkembangan game online yang cukup pesat dimulai dari berbagai tipe game yang bermunculan semakin menarik dan juga tampilan dari resolusi gambar yang makin bagus tak heran jika peminat game online untuk sekarang ini lebih banyak. 
Selain sebagai sarana hiburan, game online menjadi sebuah solusi untuk mempelajari bahasa asing karena tidak hanya bertemu dengan pemain lokal juga bertemu pemain asing dari luar negeri kita bisa mempraktikkan kemampuan berbahasa asing dengan berkomunikasi lewat game tersebut, selain kita bisa belajar namun juga mendapat kesenangan tersendiri karena terhibur sehingga lebih mudah mempelajari bahasa dengan bermain game dan sebagai kelebihannya juga kita lebih mudah bertemu dengan orang baru yang dapat dijadikan teman virtual atau teman online.

Game online sendiri juga menjadi ladang bisnis bagi industri e-sports sekarang ini karena semakin banyak peminat semakin banyak juga kompetisi game online yang diadakan. E-sport sendiri adalah olahraga berbasis elektronik yang mempunyai berbagai genre dan berfokus dalam dunia kompetitif. E-sport atau bisa disebut juga dengan para pendiri kompetisi game online dapat meraup untung yang lumayan banyak dan juga banyak pemasangan iklan memanfaatkan keramaian peminat game online sebagai tempat promosi. 

Sudah banyak pendiri tim di industri esports dari game online tersebut yang memenangkan berbagai kejuaraan lokal maupun dunia yang mewakili Indonesia di ajang internasional. Sehubungan dengan itu game online untuk sekarang ini tidak dapat dipandang sebelah mata karena selain melatih kemampuan mengasah kerja sama antar tim, game online juga dijadikan sebagai profesi.
Game online memang mempunyai banyak manfaat, namun tidak dipungkiri bisa memberi dampak negatif. Kecanduan bermain game online dapat berdampak terhadap pemainnya jika memainkan game tersebut secara berlebihan. Sehubungan dengan itu dampak negatif yang paling utama dari bermain game online yaitu gangguan terhadap kesehatan. Menurut WHO (World Health Organitation) bermain game online secara berlebihan berdampak terhadap kesehatan mental dan sudah masuk dalam daftar laporan International Classification of Diseases edisi 11 (IGD-11). Pemain game online sendiri rata-rata masih dibawah umur dan remaja yang masih rentan terhadap kesehatan mental. Jika sudah kecanduan game online dapat berdampak dalam kehidupan sehari-hari terutama dalam kehidupan sosial, mereka yang sudah kecanduan game online lebih cenderung menutup diri.
Selain daripada itu dari sisi kesehatan kecanduan game online juga  mengalami gangguan tidur yang dapat menyebabkan gangguan terhadap metabolisme tubuh. Ketika sudah kecanduan terhadap game online cenderung mengabaikan kesehatan dan tidak bisa memprioritaskan kegiatan utama contohnya seperti berolahraga. Selain berperilaku impulsif para pecandu game online mempunyai emosi yang tidak stabil dan menurunnya produktivitas. Kebiasaan buruk bermain game online jika kita tidak dapat mengoptimalkan menjadi faktor mengapa khalayak memandang buruk terhadap game online.
Kesimpulannya bermain game online mempunyai dampak negatif dan positif kita harus pintar memanfaatkan kelebihan dari bermain game online juga meminimalisir dampak negatif yang ditimbulkan dari keseringan bermain game online. Bagi generasi milenial memahami dampak-dampak yang ditimbulkan oleh game online sangatlah penting agar memberi contoh yang baik bagi generasi selanjutnya.

source